Hukum Bermakmum Pada Banci Musykil

Pertanyaan

Sebagaimana yang sudah dipahami bersama bahwa seorang lelaki tidak boleh bermakmum pada khuntsa musykil (banci belum jelas), khuntsa musykil tidak boleh bermakmum pada perempuan, begitu juga bermakmumnya khuntsa musykil pada khuntsa musykil. Yang ingin ditanyakan di sini apa yang dinamakan khuntsa muyskil? (Ach Yasid, Pangbatok)

Jawaban

Dalam terminologinya, khuntsa muyskil adalah seorang banci yang mempunyai dua alat kelamin, laki-laki dan perempuan atau terdapat lubang yang tidak serupa satu dengan lainnya, darinya keluar air kencing.

Yang perlu dipahami khuntsa (banci) itu sendiri ada dua: 1. Khuntsa musykil, 2. Khuntsa ghairu musykil

Jika belum jelas kelelakiannya dari keperempuannya atau keunggulan salah satunya maka banci tersebut dinamakan banci musykil. Dan status musykil bisa hilang dengan adanya beberapa tanda: keluarnya mani yang menandakan kelelakiannya, keluarnya darah haid yang menandakan keperempuannya.

الفقه المنهجي، جزء ٢، ص ٢٢٢

والخنثی المشكل اصطلاحا: هو أدمي له آلة ذُكورة، وآلة أُنوثة، أوله ثقبة لا تشبه واحدة منهما، يخرج منها البول

أما الخنثی المشكل: فهو الذي لم تتضح ذكورته، من أنوثته. والفقهاء يذكرون في الخنثی علامات يترجح بها ذكورته، أو أنوثته ولو كان ذلك بعد البلوغ. فإذا أمنی مثلا تبين أنه ذكر، وإذا حاض علم أنه أنثی

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *