Qaul Qadim dan Qaul Jadid

Pertanyaan

Pendapat Imam Syafii ada pendapat yang lama (qaul qadim, Iraq) ada pendapat yang baru (qaul jadid, Mesir). Bagaimana jika pendapat yang lama dijadikan pedoman? Apakah ada pengecualian-pengecualian? (Ikhwan, Pamekasan)

Jawaban

Qaul qadim Imam Syafii sejatinya tidak bisa dijadikan rujukan dan pedoman hukum karena pendapat yang baru sesudahnya otomatis me-nasikh  atau merevisi pendapat sebelumnya. Walaupun dalam beberapa produk hukum, qaul qadim dianggap lebih kuat. Ada 18 permasalahan hukum di mana para ulama menegacu pada qaul qadim dan dianggap lebih unggul.

1. Tidak wajib menghindarkan najis dari air yang lebih  dua qallah

2. Tidak najisnya air yang mengalir kecuali airnya berubah rasa, bau, dan warna

3. Tidak batalnya wudhu dengan menyentuh mahram

4. Haram memakan kulit yang sudah disamak

5. Dianjurkan membaca tastwib (asshalatu khairun minan naum) pada adzan subuh

6. Waktu shalat maghrib sampai terbenamnya mega yang merah

7. Sunah menyegerakan shalat  isya’ di awal waktu

8. Tidak sunah membaca surah pada 2 rakaat terakhir

9. Sunah membaca aamin dengan keras bagi makmum pada shalat jahriyah

10. Sunah membuat garis (tongkat, sajadah, dll) sebagai penanda shalat di depannya

11. Boleh berniat makmum bagi orang yang shalat sendirian di tengah-tengah shalat

12. Dimakruhkan memotong kuku mayit

13. Tidak diharuskan haul (setahun) dalam harta rikaz (harta peninggalan jahiliyah)

14. Boleh menqqadha puasa dari hutang puasa keluarga yang meninggal dunia bagi walinya

15. Boleh mensyaratkan tahallul (memotong rambut) dari ihram orang yang sakit

16. Boleh memaksa syarik (kongsi) untuk membangun barang yang rusak

17 Mahar yang rusak atau hilang harus diganti

18. Wajib had  disebabkan menyetubuhi budak perempuan yang sedang ihram

بغية المسترشدين، ص:٨

وَأما السَّائلُ التي عَدُّوها وجَعَلوها مِما يُفتي به علی القَديمِ فسبَبُها  أنَّ جماعةً مِن المُجتَهدين في مَذهَبِه لاحَ لهم في بعضِ السائِلِ أن القديمَ أظهرُ دليلاً فأفتُوا به، غيرَ ناسِبي ذٰلِك إلی الشافعيِّ كا لقولِ المُخرَج، فمن بَلَغَ رُتبةَ التَرجيحِ ولاحَ له الدليلُ أفتَی به وإلا فَلَا وَجهَ لِعلمه، وَفَتواهُ أنَّ المَسائلَ التي عَدُّوهاأكثرَها فيه قولٌ جديدٌ، فتَكونُ الفَتوٰی به وهي ثمانيةَ عشرَ مسألةً،

١ٜ عدمُ وُجوبِ التباعُد عن النجاسةِ في الماءِ الكثيرِ بقَدرِ قُلتين

٢. وعدمُ تنجُّس الماءِ الجاري إلا بالتغيُّر

٣. وعدمُ النقضِ بِلَمسِ المَحرَم

٤. وتَحريمُ أَكلِ الجِلدِ المَدبوغِ

٥. والتَثويبُ في أٰذانِ الصُبحِ

 ٦. وَامتِدادُ وقتِ المغربِ الی مَغيبِ الشَّفَقِ

٧. وَاستِحبابُ تَعجيلِ العِشاءِ

٨. وعدمُ نَدبِ قِراءةِ السُّورَة في الأخيرتَين

٩. والجهرُ بالتأمينِ للمأمومِ في الجَهرية

١٠ ونَدبُ الخَطِّ عِند عدمِ الشاخِصِ

١١ وجوازُ اقتِداءِ المُنفرِدِ في أثناءِ صلاتِه

١٢ وكَراهَةُ تقليمِ أظافِرِ الميّتِ

١٣ وعدمُ إعتِبارِ الحَولِ في الرّكازِ

١٤ وصيامُ الولِيِّ عن المَيِّتِ الذي عليه صَومٌ

١٥ وجوازُ اشتِراطِ التَحَلُّلِ بالمَرَضِ

١٦ وإجبَارُ الشَّريكِ علی العِمارةِ

١٧ وجعلُ الصَّداقِ في يَدِ الزوجِ مَضمونا

١٨ وَوُجوبِ الحَدِّ بِوَطءِ المَملوكَةِ المُحرِمِ

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *